Rabu, 27 April 2011

Memperbaiki Keran Bocor, Langkah menghemat Air di Rumah



Perbaiki keran bocor, langkah hemat air di rumah. (Foto: Getty Images)
Perbaiki keran bocor, langkah hemat air di rumah. (Foto: Getty Images)
PENGGUNAAN air tanah secara berlebih dan pembangunan ibu kota dengan penggunaan tiang pancang besar (area hijau makin terbatas), menyebabkan permukaan tanah menurun. Sehingga pasokan air bersih di Jakarta semakin berkurang dan memaksa sebagian besar warganya membeli untuk sekadar mandi dan memasak.

Kekurangan air bersih di beberapa bagian ibu kota di antaranya disebabkan penggunaan air yang berlebih di wilayah padat penduduk. Untuk itu, mengapa kita tidak mulai menghemat penggunaan air di rumah mulai sekarang?

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran air di rumah. Dengan menghemat pemakaian air, kita banyak menghemat dana. Untuk mewujudkannya, pemaparan yang dilansir eHow berikut bisa Anda lakukan.

Jangan biarkan air mengalir sia-sia

1. Perbaiki semua keran air yang bocor di rumah. Dengan membiarkan air terbuang sia-sia, Anda telah membuang 11.356.235 ml per tahun.

2. Dengan mematikan aliran air keran saat menggosok gigi, Anda telah menghemat air sebanyak 378.541 ml per bulan per anggota keluarga.

3. Usahakan menghemat air saat menyiram tanaman. Jika perlu, konsultasikan kepada ahlinya untuk memasang sistem daur ulang air untuk tanaman.

4. Pendekkan selang shower Anda.

5. Jangan biarkan anak-anak bermain dengan membuang-buang air.

Mencuci mobil

Cara yang paling baik ialah menggunakan air daur ulang untuk mencuci mobil Anda. Atau jika tidak, matikan aliran air keran saat Anda tidak menggunakannya.

Kipas angin lebih baik

Saat cuaca terasa panas, mungkin membuat kolam renang bagi anak ide yang bagus, tapi kolam renang anak hanya akan menghabiskan air dan hanya menawarkan kesegaran sesaat. Lebih baik manfaatkan kipas angin yang Anda miliki.

Saat makan di luar

Kebanyakan restoran akan membawakan segelas air putih saat Anda menunggu pesanan makanan. Jika Anda tidak bermaksud untuk meminumnya, sebaiknya tolak untuk mengehemat penggunaan air restoran tersebut.

Mencuci pakaian

1. Gunakan mesin cuci hanya ketika pakaian yang akan dicuci cukup banyak. Lebih baik cuci dengan tangan jika yang akan dicuci hanya satu celana jins dan satu kaus.

2. Jemur handuk dan piyama di bawah sinar matahari setiap habis digunakan, cara ini dapat menghemat penggunaan air untuk mencuci. Satu piyama dapat digunakan hingga dua sampai tiga malam, tergantung penggunaannya.

0 komentar:

Posting Komentar